banner

Pengoperasian Alat-Alat Listrik yang Aman

Feb 19, 2022

1. Kabel listrik-fase tunggal dari mesin listrik bergerak dan perkakas listrik-genggam harus menggunakan tiga-kabel karet lunak inti, dan tiga-kabel listrik fase harus menggunakan empat-kabel karet inti; saat memasang kabel, selubung kabel harus dimasukkan ke dalam kotak persimpangan peralatan dan dipasang. diperbaiki.

2. Periksa item berikut sebelum menggunakan perkakas listrik:

(1) Cangkang dan gagang tidak retak atau rusak;

(2) Kabel pembumian pelindung atau koneksi kabel netral sudah benar dan kokoh;

(3) Kabel atau kabel dalam kondisi baik;

(4) steker dalam kondisi baik;

(5) Tindakan sakelar normal, fleksibel, dan bebas cacat;

(6) Alat proteksi kelistrikan dalam kondisi baik;

(7) Alat pelindung mekanis dalam kondisi baik;

(8) Bagian yang berputar fleksibel.

3. The insulation resistance of the power tool should be measured regularly with a 500V megohmmeter. If the insulation resistance between the live parts and the casing does not reach 2MΩ, maintenance must be carried out.

4. Setelah bagian kelistrikan perkakas listrik diperbaiki, maka harus dilakukan pengukuran tahanan isolasi dan pengujian tegangan tahanan isolasi. Tegangan uji adalah 380V dan waktu pengujian adalah 1 menit.

5. Sirkuit listrik yang menghubungkan mesin dan peralatan listrik harus dilengkapi dengan sakelar atau soket terpisah, dan pelindung aksi arus bocor harus dipasang, dan cangkang logam harus diarde; dilarang keras untuk menghubungkan beberapa perangkat di satu gerbang.

6. Arus operasi kebocoran pengenal dari pelindung kebocoran jenis-arus tidak boleh lebih besar dari 30mA, dan waktu pengoperasian tidak boleh lebih besar dari 0,1 detik; tegangan operasi kebocoran pengenal tegangan -pelindung kebocoran tipe tidak boleh lebih besar dari 36V.

7. Sakelar pengoperasian alat listrik harus ditempatkan dalam jangkauan operator. Ketika listrik padam secara tiba-tiba saat istirahat, pulang kerja atau bekerja, sakelar di sisi daya harus dimatikan.

8. Saat menggunakan alat listrik portabel atau bergerak, Anda harus mengenakan sarung tangan insulasi atau berdiri di atas bantalan insulasi; saat memindahkan alat, jangan pegang kawat atau bagian alat yang berputar.

9. Saat menggunakan perkakas listrik berinsulasi Kelas III di tempat yang mengandung air atau asam-dan dalam wadah logam, tindakan insulasi yang andal harus diambil dan personel khusus harus disiapkan untuk memantaunya. Sakelar untuk perkakas listrik harus berada dalam jangkauan penjaga.

10. Bidang disk dari bor listrik chuck magnet harus rata, bersih dan bebas dari karat. Saat melakukan pengeboran samping atau pengeboran ke atas, tindakan harus diambil untuk mencegah badan bor jatuh setelah listrik mati.

11. Saat menggunakan kunci pas listrik, titik tumpu torsi balik harus diamankan dengan kuat dan mur harus dikencangkan sebelum memulai.


Berita terkait

Produk-produk terkait